Banner

Bupati Pesisir Barat Resmikan Gerakan Pangan Murah


PESISIR BARAT, RSEPUTARHUKUM.COM --
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilangsungkan di lapangan depan Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Selasa (10/10).

Kegiatan GPM tersebut dihadiri langsung Bupati Pesibar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Zukri Amin, M.P., Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pesibar, L. Liastuti, S.Pd., M.M., forkopimda Pesibar, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar, dan masyarakat.

Dalam laporannya Kepala DKPP Pesibar, Unzir, S.P., menerangkan dalam kegiatan GPM tersebut menjual beberapa jenis bahan pangan mulai dari beras, minyak goreng, telur, dan gula. "Untuk beras sebanyak 7 Ton dijual dengan harga Rp10.800, minyak goreng sebanyak 300 Liter dijual dengan harga Rp14 ribu, telur sebanyak 200 karpet dijual dengan harga Rp45 per karpet, dan gula sebanyak 400 Kg, 100 Kg dijual dengan harga Rp10 ribu per Kg dan sisanya sebanyak 300 Kg dijual dengan harga Rp14 ribu per Kg," ungkap Unzir.

"Kegiatan ini bertujuan membantu mengurangi beban hidup masyarakat yang disebabkan terjadinya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), inflasi, serta perubahan cuaca El-Nino," pungkasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Agus Istiqlal mengawali sambutannya dengan ucapan terimakasih terhadap Dinas Ketahanan Pangan, tanaman Pangan dan Horikultura (DKPTPH) Provinsi Lampung, Badan Pangan Nasional (Bapanas), Bank Indonesia Perwakilan Lampung, dan Bulog yang telah memfasilitasi kegiatan dimaksud. "Pemkab Pesibar menyampaikan ucapan terima kasih terhadap seluruh pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan GPM Tahun 2023," ujar Bupati.

Menurut Bupati, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menstabilkan harga pangan dan menekan laju inflasi. "Harapannya kegiatan ini mampu membantu masyarakat dalam memperoleh kebutuhan pangan, dan menekan laju inflasi di Pesibar," sambung Bupati.

Bupati mengatakan, pangan merupakan kebutuhan pokok yang saat ini harga pasarannya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kondisi tersebut jelas beepengaruh terhadap peningkatan laju inflasi di Indonesia. "Harga komoditi beras medium saat ini di pasar tradisional mencapai Rp14 ribu, yang diikuti juga oleh beberapa jenis kebutuhan pokok lainnya," lanjut Bupati.

Harga yang terus meroket tersebut membuat masyarakat mengalami kesulitan dalam memperoleh kebutuhan pokok. "Dengan adanya GPM diharapkan menjadi salah satu upaya nyata dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan hidup," harapnya.

Bupati menandaskan pihaknya meminta agar OPD terkaitnya bisa ikut mengambil peran dan beekontrinusi dan menjadikan kegiatan tersebut rutin digelar. "Selain dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup, juga mampu menghidupkan UMKM di Pesibar," kata Bupati.

"Masyarakat juga diharapkan membeli bahan pangan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga masyarakat lainnya juga bisa membeli kebutuhan pokok yang sama," tutup Bupati.(ADV)

Posting Komentar

0 Komentar