Banner

Pemkab Pesisir Barat Rakor Pengendalian Inflasi Jelang Lebaran

 

Pemkab Pesisir Barat Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Jelang Lebaran.(Foto:Istimewa/Seputarhukum.com)

PESISIR BARAT, SEPUTARHUKUM.COM --
 Pemeritah Daerah di seluruh Wilayah Indonesia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang dilaksanakan secara rutin setiap minggu dimulai dari bulan Desember tahun 2022. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dari Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri. Juga perwakilan kementerian ataupun lembaga terkait seperti Badan Pusat Statitik (BPS), Badan Pangan Nasional, dan stakeholder lainnya. Serta Gubernur, Bupati dan Wali Kota se- Indonesia.

Dalam waktu yang sama ditempat yang berbeda, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pemkab) mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting bertempat di ruang Media Center Gedung A Lantai 1, Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat.

Hadir mengikuti Rakoor tersebut secara virtual di ruang Media Center, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Drs. Imam Habibudin, M.Si; Kabag Perekonomian dan SDA, Ariswandi, S.Sos; dan perwakilan dari (Organisasi Perangkat Daerah) OPD terkait.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian, dalam rakor ini mengucapkan banyak terima kasih pada seluruh jajaran yang membantu penanganan inflasi di daerahnya masing-masing, dalam hal ini para Kepala Daerah (Gubernur, Bupati/Walikota)

"Untuk menekan inflasi menjelang lebaran perlu adanya upaya upaya yaitu operasi pasar murah, pemberian bansos bagi yang tidak mampu, mengecek kecukupan suplai pangan, melakukan intervensi jika terjadi kenaikan komoditas tertentu", tegas Mendagri

Selain itu, Kemendagri akan mengeluarkan edaran pada Pemerintah Daerah ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk dukungan arus mudik, kesiapan tempat wisata, pengaturan pasar tumpah, pengamanan lingkungan, kesiapan pemadam Kebakaran dan Pol PP serta kesiapsiagaan bencana alam.

Juru bicara BPS (Badan Pusat Statistik) RI dalam laporanya menyampikan perkembangan harga menjelang lebaran secara nasional ada 2 tren harga yang naik dan turun yaitu beras naik di beberapa daerah,tepung terigu dan telur ayam, minyak goreng dan komoditas lainya mengalami penurunan harga di April Minggu ke 1."Untuk wilayah Jawa Timur dalam kondisi aman terkendali tetapi tetap waspada dengan pasokan kebutuhan pokok agar tidak mengalami lonjakan/kenaikan harga. Secara umum di wilayah seluruh Indonesia mengalami penurunan harga bahan pokok", ujar Jubir BPS.(ADV)

Posting Komentar

0 Komentar