Curup, Seputarhukum.com - Merebaknya virus corona di berbagai wilayah Indonesia membuat Warga RT 02 RW.04 Gg.Nurushollah Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup lakukan kegiatan penyemprotan desinfektan guna tangkal Covid - 19 Minggu (29/03/2020) Pagi. 

Hal tersebut merupakan bentuk partisipasi warga dalam memutus rantai penyebaran corona di wilayah tersebut.

Saat diwawancarai wartawan Seputarhukum Ketua RT 02 RW 04 Gang.Nurushollah Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Rustam Effendi mengatakan kegiatan ini adalah murni keinginan masyarakat setempat yang dikoordinir oleh Perangkat RT,Tokoh masyarakat dan Tokoh agama.

“Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi agar Virus Corona Disease (Covid-19) ini tidak menyebar di lingkungan kami, beberapa titik kami semprot seperti mushollah, jalan, seluruh Rumah warga dan beberapa tempat umum lainnya secara mandiri,” ujar Ketua RT

Disampaikan juga bahwa kegiatan penyemprotan desinfektan dilakukan secara mandiri dari,oleh dan untuk masyarakat. "Artinya dari sarana dan prasarana serta pendanaan murni berasal dari masyarakat itu sendiri sebagai bentuk tanggungjawab dan kepedulian masyarakat dalam pencegahan penyebraran virus corona," Jelasnya.

A.Rohim Selaku Ketua LPM kelurahan Talang benih menyampaikan "Dengan adanya kegiatan secara mandiri ini diharapkan dapat dilaksanakan juga oleh masing-masing Rt di seluruh kelurahan Talang Benih untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan tanggungjawab bersama dalam upaya mencegah penyebaran virus corona".Sampainya

Hal senada disampaikan Yulian Fahredi Tokoh masyarakat wilayah tersebut "Upaya yang kita lakukan adalah kegiatan penyemperotan desinfektan secara mandiri dilingkungan Rt 02 Rw 04 dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid 19".

Harapan kami selaku masyarakat agar Pemerintah Daerah dapat  memberikan manfaat tentang pencegahan ini sampai ke lapisan bawah dalam artian bukan hanya dilingkungan keramaian saja tetapi sampai ke lapisan masyarakat ditingkat bawah itupun dapat untuk dilakukan pencegahannya. Karena sampai detik ini yang baru dilakukan penyemprotan oleh  Pemerintah Daerah hanya dipusat Keramaian, Fasilitas Umum dan Lingkungan perkantoran".

"Hingga saat ini Masyarakat Belum merasakan Upaya Pencegahan dilingkungannya , kami menunggu pemerintah daerah melakukan hal itu sampai saat ini belum ada ,maka dari itu kami lakukan kegiatan mandiri penyemprotan desinfektan. Besar harapan kami pemerintah daerah dapat memberikan bantuan disinfektan, masker dan hand sanitizer untuk dapat dimanfaatkan masyarakat".Beber yulian.(TR1)