Banner

Banner

Dinkes RL Gencarkan Program CTPS Dan PHBS Cegah Corona

Seputarhukum.com, Curup - Merebaknya wabah virus corona atau Covid 19 yang terjadi disejumlah daerah Indonesia membuat semua Pemda tiap daerah melakukan sejumlah langkah pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut.

Namun dibalik itu semua, munculnya wabah virus corona ini rupanya menjadi momen tepat dalam menyukseskan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang selama ini selalu digaung-gaungkan Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir, ditemui wartawan, menjelaskan selama ini sosialisasi PHBS kepada masyarakat dirasa belum maksimal. Sehingga dengan adanya kejadian covid 19 ini seluruh OPD sudah menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun.

"Program cuci tangan pakai sabun bagian dari PHBS yang sangat efektif dalam mencegah penyakit menular dan selama ini hal ini kerap dianggap sepele oleh masyarakat. Padahal dari dulu program CTPS sudah diprogramkan sejak dulu. Dengan membiasakan CPTS bisa mencegah penyakit menular diantaranya penyakit diare, hepatitis A," ujar Syamsir.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dengan covid 19 namun tetap waspada dengan membiasakan PHBS dan CPTS setiap kali usai beraktifitas. Lalu Dinkes RL saat juga memfokuskan pada sosialisasi kepada OPD untuk membiasakan program PHBS dan CTPS.

"Selain itu meminta kapada semua OPD untuk tidak keluar kota demi memutus mata rantai penyebaran virus corona," tutupnya.(Tri)

Posting Komentar

0 Komentar