Banner

Banner

Wujudkan RL Sehat, 42 Peserta SBH Dibekali Orientasi Kepramukaan

Seputarhukum.com, RL - Untuk mewujudkan Kabupaten Rejang Lebong sehat. Dinas Kesehatan menggelar Pertemuan anggota Saka Bhakti Husada (SKH) untuk mengikuti Orientasi Kepramukaan bagi pengurus dan anggota yang dipusatkan di Aula BLKM, Selasa pagi (04/02/2020).

Dalam laporan Kegiatan, Devtian Lupti,SKM Selaku Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan dasar pelaksanaan tersebut adalah SK pengurusan No 034 Tahun 2018 Tentang Pimpinan Satuan Karya Bhakti Husada Kabupaten Rejang Lebong Masa Bakti 2018-2023 dengan melibatkan 42 peserta.
Adapun tujuan kegiatan ini agar terbentuknya kader-kader program kesehatan ditingkatan SMA dan Perguruan Tinggi sehingga dalam menyampaikan program-program Saka Bhakti Husada sehingga dapat memahami konsep dasar pelaksanaan Bhakti Husada Kwartir

Sementara itu hadir Kepala Dinkes Rejang Lebong, Syamsir, Kwartir cabang Gerakan Pramuka RL Anhar, M.Pd, sekaligus Narasumber.
Dalam sambutannya, Syamsir menyambut baik kegiatan ini, sekaligus membuka Kegiatan yang sudah dilaksanakan tahun ke 5 ini berjalan. Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan derajat kesehatan masyarakat bagaimana terhindar dari obat, bagaimana membiasakan prilaku hidup sehat.

"Tujuan akhir sebenarnya adalah bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat RL melalui pajalajar SMA dan Perguruan Tinggi dalam menjalankan 6 Krida diantaranya  Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kalo 6 krida ini kita kemas sampai ke tingkat SMA dan perguruan tinggi. Tiap tahun ada berapa ribu anak-anak SMA dan perguruan tinggi yang dianggap efektif dalam menyukseskan program kesehatan. 

"Paling tidak mereka tahu bagaimana upaya mencegah demam berdarah kalo terjangkit, bagaimana upaya supaya anak-anak disekitaran rumahnya tidak stunting, ketika stunting dia cepat melaporkan ke tingkat Puskesmas melalui saka bhakti husada dan luar biasa ini kalo berjalan dan saya harapkan setelah ini ada aksi nyata jadi tidak orientasi terus , jadi selama ini memang belum berjalan efektif dan mulai tahun ini kita harus jalan ke sasaran," tutupnya.(Adv)

Posting Komentar

0 Komentar