Banner

Banner

Peringati HKS, Dinkes RL Rakor Program Pelayanan IVA

Rejang Lebong - Dalam rangka Hari Kanker Sedunia 4 Februari dalam mewujudkan masyarakat sehat, Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong bersama TP PKK melaksanakan Rapat Koordinasi Program Pelayanan IVA (Infeksi Visual Asetat) Upaya Pencegahan Kanker Serviks di Aula Dinas Kesehatan RL Rabu pagi  (5/2/2020).

Sebanyak 63 peserta rapat koordinasi yang hadir, terdiri dari 21 Orang Kepala UPT PKM, 21 Orang program PTM dan 21 Orang Pengelola Program kesehatan jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan RL Syamsir saat diwawancarai wartawan ini menyampaikan kegiatan rakor Program Pelayanan IVA sebagai upaya pencegahan Kanker Serviks sehingga bagaimana upaya target pemeriksaan IVA ini bisa tercapai. 

"Alhamdulillah RL melalui TP PKK nominasi tingkat nasional untuk pemeriksaan IVA se-provinsi bengkulu yang diwakili oleh kabupaten RL karena teknis pemeriksaan ini ada di dinas kesehatan dan jajaran maka kita lakukan kerjasama (MOU) dengan Pihak PKK kabupaten RL," jelasnya.

Kegiatan ini bekerjasama dengan pengurus TP PKK RL mensosialisasikan Program pelayanan IVA ini kepada masyarakat khususnya Emak-emak agar mau melakukan pemeriksaan IVA. Sejauh ini kesadaran perempuan di Kabupaten RL masih sangat rendah terkait kemauan untuk pemeriksaan IVA. 

"Karena hal tersebut Dinas Kesehatan bersama puskesmas dan TP PKK akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat mau memeriksakan kesehatannya terkait IVA," tutur syamsir.

Ketua TP PKK RL Fitri Hertika Sari, Dalam sambutannya mengatakan, bahwa pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan reproduksi dan melakukan pengecekan kesehatan khususnya pemeriksaan IVA secara rutin bagi PUS (Pasangan Usia Subur).

"Dengan pemeriksaan IVA secara rutin maka gejala tersebut dapat terdeteksi, dan kami harap untuk semua perempuan khususnya di Kabupaten Rejang Lebong yang masuk dalam PUS memiliki kesadaran untuk memeriksakan IVA ke puskesmas," ujar Fitri.

Untuk diketahui Dinas Kesehatan RL bersama TP PKK akan mengelar Gebyar IVA, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 9 Maret 2020, di Puskesmas Sambirejo dan Puskesmas Sumber Urip. Dengan adanya program deteksi dini kanker serviks, melalui metode pemeriksaan IVA ini diharapkan mampu membantu masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, dan pengetahuan tentang kesehatan organ reproduksi serta mencegah terjadinya progresifitas penyakit jika ditemukan gejala awal dari kanker serviks.(Tri)

Posting Komentar

0 Komentar