Banner

Bupati Pesibar Bagikan Alsintan


Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal Wakili Oleh Sekretaris Daerah N Lingga Kesuma,MP, secara simbolis membagikan mesin alat pertanian pada Acara Temu Lapang, Biha, Pesisir Selatan, Selasa (11/02).

Plt. Kepala Dinas KOMINFO Pesisir Barat Tedi Zadmiko, SKM.,SH.,MM, menjelaskan turut hadir dalam acara tersebut yaitu Pimpinan dan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Barat, Forkopimda Lampung Barat dan Pesisir Barat, Beserta Jajaran Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Para Camat Sekabupaten Pesisir Barat.

Dalam acara ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menyerahkan bantuan untuk para Kelompok Tani yaitu berupa Hand Traktor sebanyak 10 unit, Pompa Air sebanyak 40 unit, Cultivator sebanyak 5 unit dan Hand Sparayer sebanyak 16 dengan bantuan yang akan diserahkan ini kami Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas bantuan Alat Mesin Pertanian tersebut.

Selanjutnya dalam sambutan Bupati Pesisir Barat DR. Drs. Agus Istiqlal, SH.,MH, disampaikan bahwa dengan adanya pelaksanaan Temu Lapang ini diharapkan dapat terus meningkatkan Produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Pesisir Barat. kabupaten Pesisir Barat mempunyai Luas Lahan Pertanian yang dimanfaatkan kurang lebih 65.349 ha, dimana 8.745 ha diantaranya merupakan Iahan sawah dan 20.553 ha merupakan tegalan. 

Rata rata Produksi padi tiap tahun sekitar 88.246 ton Gabah Kering Giling (GKG) dan Jagung sekitar 27.516 ton. Produktivitas padi sawah rata rata Kabupaten Pesisir Barat tahun 2019 yang lalu sebesar 5,01 ton/ha, akan tetapi di beberapa daerah hasil pengukuran dengan ubinan dapat mencapai 5,9 ton/ha. pada tahun 2020 ini telah diprogramkan sasaran produksi padi sebesar 117.870 ton, jagung sebesar 28.783 ton dan kedelai 3.440 ton. untuk mencapai sasaran produksi yang telah ditetapkan, perlu adanya upaya strategi pencapaian sasaran tersebut, yaitu melalui peningkatan produktivitas padi dan peningkatan luas tanam padi.

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas padi antara Iain mela|ui Pengolahan Lahan, Penggunaan Benih Unggul, Pemupukan Berimbang, Penanaman Jajar Legowo, Penggunaan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN), Pengendalian Hama dan Penyakit.

Sedangkan upaya untuk meningkatkan luas tanam padi antara lain melalui pembangunan/rehabilitasi Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT), pembangunan embung, dan pemanfaatan pompa air.

Selanjutnya sebelum menutup sambutannya Bupati berharap,Program penyerahan bantuan alat mesin pertanian dapat membantu pelaksanaan program pencapaian swasembada pangan dengan harapan sasaran produksi yang telah ditargetkan dapat tercapai.
Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah
Pesisir barat secara khusus menyoroti terkait
pendistribusian pupuk bersubsidi agar tepat sasaran
sehingga benar benar dapat menyentuh masyarakat petani.

Posting Komentar

0 Komentar