Banner

Patung Fatmawati 90 Persen Rampung



Seputarhukum.com - Monumen Fatmawati Soekarno yang akan menjadi icon baru Provinsi Bengkulu saat ini, pengerjaannya telah mencapai 90 persen pengerjaannya oleh Pematung ternama nasional I Nyoman Nuarta. Pemprov Bengkulu berencana, peresmian peletakan Monumen Ibu Fatmawati ini akan dilaksanakan pada HUT Provinsi Bengkulu ke-51 pada 11 November 2019 nanti.


Pematung Nyoman Nuarta yang memiliki banyak karya terbaik nasional, seperti Garuda Wisnu Kencana (Badung, Bali), Monumen Jalesveva Jayamahe (Surabaya) dan Monumen Proklamasi Indonesia (Jakarta) mengatakan, patung Ibu Fatmawati dengan tinggi lebih dari 7 meter ini melambangkan bahwa putri-putri Bengkulu patut diperhitungkan, salah satunya Ibu Fatmawati sebagai penjahit pertama Sang Saka Merah Putih. Sehingga bisa terus diperlihatkan kepada generasi milenial.

“Kita perlihatkan kepada anak-anak milenial kita bahwa itu dari Bengkulu dan itu perlu menjadi sebuah kebanggaan serta respect kepada daerahnya dan jangan semua itu hanya di Jakarta. Dan ini saya kira harus bisa inspiratif terhadap masyarakat terutama anak-anak milenial ya, kembali dan membangun daerahnya, penting itu,” terang Nyoman Nuarta usai mendampingi Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Dedy Ermansyah dan Sukmawati Soekarno Putri (putri ketiga Presiden Pertama Indonesia Soekarno dan Ibu Fatmawati) beserta rombongan tinjau monumen Ibu Fatmawati, di Nyoman Nuarta (NU Art) Sclupture Park, Bandung Jawa Barat, Ahad (29/09).

Fatmawati Soekarno Putri yang juga merupakan Pendiri Universitas Bung Karno mengaku bangga dan bersyukur atas pembangunan monument Ibu Fatmawati di Bengkulu. Menurutnya pembangunan patung Ibu Fatmawati ini telah digagas dan diusulkan sejak 10 tahun lalu pada era Walikota Bengkulu Ahmad Kanedi, namun karena terkendala dana sehingga belum bisa terlaksana. 

“Saya sangat bersyukur karena sekarang telah terwujud apa yang saya mimpikan patung Almarhumah dibangun di daerah kelahirannya. Sekarang sudah dilaksanakan, tinggal akan diresmikan di Bengkulu,” kata Sukmawati penuh haru.

Ungkapan terima kasih dan syukur juga disampaikan Wagub Bengkulu Dedy Ermansyah. Menurut Wagub Dedy, tidak hanya menjadi icon baru bagi Bengkulu, juga dipastikan akan mempercantik wajah Kota Bengkulu dan sebagai penyemangat bagi Provinsi Bengkulu untuk terus melakukan pembangunan dan mengangkat nama Bumi Rafflesia tanah kelahiran Penjahit Sang Saka Merah Putih ini. 

“Kita berharap kedepan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan berkat bantuan pihak keluarga Ibu Sukma dan ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pengerjaan monument Fatmawati ini,” kata Dedy Ermansyah.(Prw)

Posting Komentar

0 Komentar