Banner

Gubernur Resmi Buka Festival Budaya Tabut 2019

Seputarhukum.com - Festival tahunan Tabut 2019 resmi dimulai. Festival budaya yang masuk Top 30 Calender of Event Nasional ini dibuka meriah di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, Sabtu malam (31/8/2019).

Festival Tabut dilaksanakan untuk memperingati peristiwa tragis yang menimpa Hussein, cucu Nabi Muhammad yang dalam perjalanannya ke Irak, ia disergap oleh pasukan Ubaidillan Bin Ziyad sehingga terjadi peperangan sengit. 

Malam pembukaan festival ini mencapai klimaksnya saat nyanyian karbala dilantunkan untuk menghormati Hussein yang terbunuh di Padang Pasir Karbala. 

Festival budaya yang lekat dengan sejarah ini diharapkan bisa menyajikan kepuasan bagi wistaawan lokal maupun mancanegara dengan adanya pergelaran-pergelaran kesenian asli Bengkulu, sehingga diharapkan memicu pergerakan ekonomi Bengkulu.

"Alhamdulillah festival tabut ini masuk pesona wonderful indonesia. Kita harapkan sajian budaya yang ditampilkan betul-betul menimbulkan kepuasan  bagi wisatawan asing maupun lokal. Dan diharapkan sektor pariwisata ini  menjadi penggerak ekonomi bengkulu," ungkap Gubenur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan. 

"Ini bukan lagi kegiatan budaya saja, sudah masuk peringkat tiga Pesona Wonderful Indonesia, semoga menjadi modal pembangunan sektor pariwisata dan puncaknya di tahun 2020," sambung Irsan Setiawan. 

Festival tabut ini di laksanakan setiap 1-10 Muharram. Dan diketahui ritual Tabut ini mengikuti tahapan-tahapan tertentu seperti mengambik tanah, duduk penja, meradai, merjang, arak penja, arak serban, gam, araka gedang, dan tabut terbuang.

"Kami bersyukur masuk 30 kalender event, namun harus disadari sangat sedikit yang mengetahui dan memahami filosofi nilai tabut, dari upacara hingga prosesi. Sehingga di tahun 2020 hendaknya diadakan sosialisasi tentang tabut atau workshop," ungkap Ketua KKT (Kerukunan Keluarga Tabut), Syafril.

Terlepas dari sifat serius dari acara tersebut, festival ini akan menampilkan serangkaian pertunjukan, kompetisi, permainan, dan olahraga dan perayaan lainnya. Di antara banyak kegiatan, tahun ini akan ada perlombaan kereta kuda tradisional, pertunjukan tari Tabut, dan pertunjukan seni dan budaya lainnya serta,pameran  budaya.(Prw)

Posting Komentar

0 Komentar