Banner

Jelang Mudik Lebaran, Dishub Segera 'Rump Check' Kesehatan Armada Bus

Seputarhukum.Com,BENGKULU- Menjelang masa mudik hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019, Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu akan segera melakukan pengecekan atau rump check terhadap armada bus antar kota antar provinsi (AKAP).

"Semua armada bus yang ada di  Provinsi maupun di kota Bengkulu, kita upayakan angkutan mudik ini kondisinya sebaik mungkin. Jadi, nanti yang akan kita cek yakni kelayakan jalannya apakah ban, remnya masih bagus, mesinnya layak dibawak jarak jauh. Intinya segala aktifitas yang berkaitan dengan angkutan itu bagian dari rump check yang kita lakukan,"ujar Kepala Bidang LLAJ Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Hasoloan Sormin, Senin (13/5/2019).

Hal ini, sambung Sormin, dilakukan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan Dirjen Darat Kementrian Perhubungan RI, jika armada bus harus memiliki standar kelayakan. 

"Jadi, dari hasil dari ram chek itu nanti ada kendaraan yang tidak layak jalan, maka kami berharap jangan dipaksakan berjalan,"tegas Sormin

Sormin menambahkan, dalam kegiatan rump chek nantinya, pihaknya bersama aparat kepolisian langsung mendatangi masing-masing PO. Turut terlibat pihak jasa raharja untuk melakukan tes urin terhadap sopir-sopir bus. 

"Dari aspek rump check nya nanti, ada stiker yang akan ditempel disetiap armada bus yang lulus atau layak jalan, kita berharap bus-bus yang layak jalan bisa mengangkut para penumpang dengan baik,"pungkasnya 

Editor : Mahmud Yunus

Posting Komentar

0 Komentar