Banner

Tinjau Perkebunan Jeruk Gerga di RL, Gubernur Minta Pemda Berperan Aktif

Seputarhukum.Com- Selain melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepahiang, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah juga melakukan kunjungan ke Kabupaten Rejang Lebong.

Kali ini, Gubernur yang didampingi Sekda Rejang Lebong, Unsur OPD Provinsi Bengkulu, FKPD, BUMN dan BUMD mengunjungi perkebunan Jeruk Gerga di Desa Pal VII Kecamatan Bermani Ulu Raya Rejang Lebong, Sabtu (30/3/2019).

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan jeruk Gerga memiliki kelebihan tersendiri dari buah jeruk yang lainnya, disamping kulitnya yang tebal serta air jeruknya yang banyak.

"Jeruk Gerga ini kalo dilihat dari peluang bisnisnya, suatu hal yang sangat menjanjikan bila adanya pengembangan komoditas jeruk Gerga tersebut. Yang mana nantinya dapat menjadi produk unggulan dari kabupaten Rejang Lebong dan Provinsi Bengkulu," ujarnya usai berdialog langsung dengan para petani jeruk.

Menurut Rohidin, analisa analisa sederhana ekonomi jeruk Gerga ini sangat menjanjikan jika dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"1 Hektar kebun jeruk Gerga ini dapat menghasilkan 15 - 20 juta perbulannya, ini tentunya sudah hasil yang cukup baik untuk ukuran petani," pungkasnya

Rohidin menyebutkan, disisi keberhasilan yang diraih para petani, tentunya harus ada peran dan dukungan dari pemerintah. Hal tersebut guna untuk pengembangan komoditas jeruk Gerga.

"Dalam budidaya pendekatan bisnisnya, peran pemerintah sangat diperlukan, dari sektor pemberian bibit, pupuk serta pengolahan lahan. Ini yang perlu mendapatkan bimbingan teknis yang baik dan benar," ungkapnya.

Disisi lain, Jeruk Gerga saat ini dalam masa transisi. Dimana usaha ini dalam skala lokal sudah melebihi, namun pada skala nasional belum memadai. Yang mana jeruk Gerga ini untuk masuk skala nasional belum mampu, dari sisi volume komoditasnya belun tersedia sepanjang waktu.

"Ini lah perlunya peran pemerintah, nantinya perlu luas tanam serta peningkatan produktivitas per pohon dan satuan buah tanamnya," harap Rohidin.

Untuk diketahui, Rohidin meninjau langsung kebun jeruk jerga dan memetik panen jeruk Gerga dan memberikan sejumlah bantuan bibit-bibit dan pupuk untuk para petani dengan harapan bisa menignkatkan dan menjaga kualitas jeruk gerga.

Penulis : Mahmud Yunus

Posting Komentar

0 Komentar