Banner

Banner

Dinkes RL Rutin Periksa Kesehatan Siswa Baru


Seputarhukum.com, Rejang Lebong - Pihak Dinas Kesehatan Rejang Lebong (Dinkes) berencana melakukan penjaringan kesehatan terhadap siswa tingkat PAUD hingga SMA/SMK sederajat yang ada di wilayah Rejang Lebong. hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan setiap siswa guna kelancaran kegiatan belajar mengajar (KBM).

Kepala Dinkes RL, Syamsir S.KM, M.KM Melalui Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Sutanto S.Kep bahwa penjaringan kesehatan terhadap seluruh siswa baru dilakukan setiap tahun ajaran baru oleh pihak puskesmas yang ada diwilayahnya.

"Penjaringan kesehatan terhadap siswa baru artinya kita periksa siswa tersebut mulai dari kebersihan, indra penglihatan,indra pendengaran, indra penciuman,tinggi badan,berat badan hingga jiwanya dimana pemerikasaan tersebut dilakukan oleh pihak puskesmas yang ada di lingkungannya masing-masing,” sampainya.

Sutanto juga menyampaikan dari hasil penjaringan terhadap kesehatan siswa baru maka pihaknya akan memberikan tindaklanjut terhadap permasalahan yang di alami oleh siswa tersebut.

"Dari data hasil penjaringan tersebut akan ketahuan, misalnya Si A ada permasalahan terhadap penglihatan atau pendengarannya maka akan langsung kita rujuk ke puskesmas atau dokter yang dapat menangani masalah tersebut,” ujarnya.

Lanjut Sutanto selain penjaringan pihaknya juga melakukan pemeriksaan per enam bulan sekali secara berkala kepada seluruh siswa disekolah tersebut.“Ya di semester genap kita akan lakukan pemeriksaan ke seluruh siswa yang ada di sekolah misalnya SMA 2 maka mulai dari kelas X hingga kelas XII kita lakukan pemeriksaan,”jelasnya.

Sementara itu terkait Unit Kesehatan Sekolah (UKS) sutanto mengatakan bahwa saat ini banyak sekolah yang belum siap melaksanakannya.“Ya kita sudah minta kepada setiap sekolah untuk mempersiapkan 10 persen dari jumlah siswanya untuk kita bina secara intens akan tetapi ada sebagian sekolah yang belum siap bahkan untuk tingkat TK ada yang namanya dokter kecil yang kita bina untuk mensosialisasikan tentang kesehatan kepada teman sebayanya,” pungkasnya.(Pariwara)

Posting Komentar

0 Komentar