Banner

Banner

Temu Lapang Petani, Bupati BU Panen Raya Bersama Gapoktan

Seputarhukum.Com- Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian pada Selasa (19/2/2019), bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) menghadiri panen raya di Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.

Panen raya dengan tema Temu Lapang Petani tersebut juga ikut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Haryadi, Spd. M.M, M.Si, Kajari Bengkulu Utara, Fathuri, Dandim BU, Kepala Dinas PU, Kadis Pariwisata, dan Kapolres.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. H Mian mengatakan bahwa pada Kelurahan Kemumu, Sido Urip, Sido Dadi, Sumber Agung merupakan lahan satu hamparan dan menjadi lambung pangannya Kabupaten Bengkulu Utara.
Ir. Mian juga menyebutkan bahwa pemerintah berupaya untuk melengkapi sarana produksi baik dari segi pupuk, benih dan semua alat pengolah tanah sehingga diharapkan produktifitas perhektarnya kedepan bisa meningkat.

"dalam kesempatan ini, saya tekankan kepada dinas pertanian tanaman pangan sehingga bisa berkalaborasi dengan dinas PU untuk menangkap anggaran dari pusat yang namanya untuk pencetakan sawah, sehingga bisa meningkatkan produktifitas kedepannya nanti. Jadi disamping intensifikasi ada juga ekstensifikasi yakni menambah luasan. Mudah-mudahan upaya ini nantinya di perjuangkan dan dijalankan,"ujarnya

Disamping itu, Ir Mian juga mengucapkan terima kasih serta memberikan apresisasi terhadap PPL yang terus mendampingi para petani dan kelompok-kelompok tani yang sudah menerapkan sistem Sua Kelola Padat Karya.

"yakni program pemerintah pusat yang sudah dijabarkan sehingga terjadi perputaran uang didesa. Petani Hebat, PPL kuat dan Bengkulu utara lebih maju,"Pungkas Mian sebelum meninggalkan lokasi.
Sementara itu, Kepala Kelurahan Kemumu Awaludin S.IP, mengungkapkan ditahun 2018 pihaknya sangat bersyukur sudah banyak mendapatkan bantuan seperti traktor, pintu air, irigasi, bibit-bibit tanaman dan jalan usaha petani.

"jadi ditahun ini ada lagi bantuan penambahan yang sudah diberikan pada tahun lalu, diharapkan kedepan khususnya jalan usaha tani ini bisa tembus ke Sido Urip sehingga juga bisa menjadi jalan wisata. Katakanlah masyarakat ingin menikmati pemandangan hamparan padi jadi masyarakat juga bisa melalui jalan itu ,"jelasnya

Apa yang dilakukan pemerintah saat ini, Sambung Awaludin sangat membantu masyarakat (petani). Sebab, dengan adanya bantuan tersebut masyarakat dalam hal mengerjakan sawah sangat lebih ringan. Terlebih bisa menghemat waktu, menghemat tenaga dan menghemat biaya.
"kalau dulu sampai bermalam-malam, tapi dengan adanya bantuan pemerintah saat ini masyarakat lebih terbantu dan  para petani tidak seperti dulu lagi. jadi kita sangat bersyukur dan mengapresiasi langkah yang dilakukan pemerintah saat ini,"sebutnya

Disamping itu, mewakili para petani, Awaludin berharap kepada pemerintah agar kedepan dalam menciptakan kalender tanam supaya bisa disesuaikan. Karena jangan sampai ketika para petani nanti mau turun sawah irigasinya baru direhab jadi kami bisa menunggu lebih lama lagi.

"harapan kita juga nanti agar PU bisa memperbaiki irigasi yang primer karena itu sudah banyak yang perlu diperbaiki,"harapnya (ADV)

Penulis : Mahmud Yunus











Posting Komentar

0 Komentar